Selasa, 15 Oktober 2013

Begini Cara Termudah Deteksi Kanker Payudara

Kanker payudara bisa dideteksi secara dini melalui beberapa pemeriksaan misalnya dengan melakukan mammografi atau USG. Tapi, ada cara yang lebih mudah dan murah untuk mendeteksi kanker payudara melalui SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri.

"Rabalah payudara apakah terasa ada benjolan. Selain itu, di ketiak atau di leher di periksa juga ada benjolan atau tidak. Lalu terasa nyeri atau tidak di payudara," kata Ketua Program Pink Ribbon Titien Pamudji dari Yayasan Kanker Payudara Jakarta (YKPJ).

Keterangan itu diberikan Titien dalam press conference Reebok Pink Ribbon Fun Walk 2013 di CityWalk Sudirman, Jl.KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2013).

Selain itu, tanda lain yang harus diperhatikan saat melakukan pemeriksaan payudara sendiri adalah terjadi penebalan kulit, perubahan ukuran dan bentuk payudara, kulit berkerut, keluar cairan dari puting susu, dan terjadi pembengkakan di lengan atas.

Nah, berikut ini cara melakukan 'Sadari' yang bisa Anda lakukan di rumah:
1. Berdiri di depan cermin dengan lengan menjuntai ke bawah. Perhatikan apakah ada benjolan atau perubahan bentuk dan ukuran payudara Anda.

2. Angkat kedua lengan sampai berada di belakang kepala, ulangi pemeriksaan di sisi samping tubuh.

3. Tekan kuat-kuat tangan di pinggul dan gerakan lengan serta siku ke depan sambil mengangkat bahu. Gerakan ini akan menegangkan otot payudara dan membuat benjolan lebih mudah terlihat

4. Angkat lengan kiri dan raba payudara dengan telunjuk, jari tengah, dan jari manis tangan kanan Anda. Lakukan gerakan memutar, ke atas bawah, atau gerakan dari tengah keluar untuk meraba adanya benjolan.

5. Pencet pelan-pelan puting payudara, perhatikan apakah keluar cairan yang tidak normal.

6. Berbaring dengan tangan kiri di bawah kepala. Letakkan bantal kecil di bawah bahu kanan. Raba seluruh permukaan payudara kiri dengan gerakan memutar, dari tengah keluar, atau atas bawah. Ulangi cara yang sama untuk memeriksa payudara kanan.

7. Perhatikan bagian atas payudara yang berada di dekat ketiak karena di situlah banyak ditemukan tumor payudara. Jika terjadi perubahan, segera konsultasikan dengan dokter.

 Klik disini untuk mencoba produk kami yang alami dalam membesarkan dan mengencangkan payudara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar