Minggu, 30 Agustus 2015

5 Perawatan Payudara Untuk Ibu Menyusui




Setiap ibu pasti ingin memberi asupan yang terbaik untuk bayinya. Bagi ibu yang tidak memiliki gangguan kesehatan apapun, sebaiknya memberikan ASI untuk bayinya hingga bayi berusia dua tahun. Menyusui merupakan masa penting bagi bayi, sebab saat itu ia mendapatkan gizi terbaiknya. Sayangnya, saat sedang menyusui, tak jarang ibu merasa kurang nyaman bahkan kesakitan. Untuk itu perlu perawatan untuk payudara yang tepat setelah menyusui.

Rasa sakit dan tidak nyaman yang dialami ibu saat menyusui bisa menghambat produksi ASI. Agar produksi ASI tetap lancar, ibu menyusui boleh saja melakukan relaksasi untuk payudaranya. Dengan payudara yang kembali prima, maka ibu dapat kembali menyusui bayi dan memenuhi asupan gizi sang bayi.

Beberapa perawatan payudara yang bisa dilakukan setelah selesai menyusui adalah:

Kompres

Setelah menyusui, Anda dapat mengompres payudara Anda dengan air hangat. Hal tersebut dapat membuat payudara Anda menjadi lebih relaks dan tidak nyeri lagi. Kompres air hangat juga bisa dilakukan bila payudara Anda mengalami bengkak.

Pijat

Pijat payudara juga dapat dilakukan untuk membuat payudara terisi ASI kembali. Pijatlah dengan lembut dengan pola memutar dan kembali ke arah puting.

Olesi dengan ASI

Pada bayi yang sudah memiliki gigi, biasanya ia akan menggigit puting payudara ibu sehingga membuat puting ibu menjadi lecet. Bila hal tersebut terjadi, Anda dapat mengolesi puting payudara Anda dengan ASI yang terakhir keluar dari payudara Anda. Dengan begitu payudara Anda tidak akan kering dan memperparah luka. Sebaiknya hindari penggunaan salep antiseptik yang belum terjamin keamanannya untuk bayi.

Makan makanan favorit

Mungkin banyak yang menyarankan Anda untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti daun katuk untuk membuat payudara terisi kembali dengan ASI. Tetapi apabila Anda tidak menyukainya dan mengonsumsinya dengan terpaksa, hal tersebut justru bisa membuat produksi ASI Anda menjadi kurang lancar. Jadi sebaiknya konsumsilah makanan lain yang Anda sukai. Anda tidak bisa mengabaikan kondisi psikologis Anda. Ketika Anda bahagia karena dapat mengonsumsi makanan favorit, maka saat itulah ASI Anda akan mengalir dengan deras. Tetapi makanan tersebut tentu saja harus makanan yang sehat dan seimbang.

Berbaring

Saat menyusui mungkin Anda akan merasa pegal di bagian pinggang dan punggung. Untuk itu, setelah menyusui Anda bisa saja berbaring sejenak untuk berisitirahat. Apalagi bila bayi Anda tertidur setelah menyusu. Manfaatkan waktu tersebut untuk me time sederhana di rumah. Saat berbaring tersebut, Anda juga bisa melepas bra untuk membuat peredaran darah di payudara Anda lebih lancar.

Cara Cepat Membuat PAYUDARA menjadi lebih BESAR, kencang dan indah adalah perkara mudah kalo tahu cara dan rahasianya !

#payudara #wanita #pijat #Pembesarpayudara #creampembesarpayudara #pembesarpayudaraalami #puting #putingpayudara #pengencangpayudara #bra #bh #creampembesarpayudaraalami #perawatanpayudara #payudaraindah #kankerpayudara #tips #sehat

Kalau Setuju dan Suka LIKE dan SHARE postingan ini ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar